Pemilu

Pemilu

Popular Posts

Hasil Baik dengan Proses Baik

gambar: google
Kami, beberapa orang teman sering berkumpul untuk membahas beragam hal, juga untuk berbagi. Kami tergolong cukup karib, pembahasan bahkan sampai ke persoalan individu. Jadi, sebenarnya tak ada yang perlu tersinggung dengan apa pun yang dipikirkan, dikatakan ataupun dilakukan oleh kawan-kawan.
Namun, pada waktu itu bulan puasa seperti sekarang, perkawanan kami nyaris bubar. Persoalannya hanya karena minuman untuk berbuka. 
Pada saat itu, seorang teman kami yang cukup rajin hunting bahan buka puasa gratis datang dengan tas kresek yang isinya bermacam-macam.
Dia mengambil piring dan meletakan aneka macam kue diatasnya, ternyata dia juga membawa minuman segar yang baru melihatnya saja sudah membuat liur meleleh, terlebih sore itu suasana masih panas.
Minuman itu diletakan di dalam kantong plastik yang jumlahnya cukup untuk kami. Dia melemparkan kantong-kantong itu pada kami dan kami berusaha menangkapnya agar tidak jatuh. Sialan juga kawan satu ini, kami dibuat sibuk. Apalagi lemparannya dilambungkan ke udara tertinggi sehingga membuat kami agak susah menangkap. Ketika giliran teman kami yang satu, dia membiarkan saja. Walhasil, kantung plastik itu sukses mendarat dilantai dan pecah berantakan, isinya berhamburan ke mana-mana.
"Sialan lu, cuma diam saja. Lu gak tahu gua susah mengumpulkan ta'jil ini? Kalo lu mau berantem, hayo. Gak apa dah puasa gua batal sekarang," kata teman yang mengusahakan ta'jil tersinggung.
Kami otomatis melerai, saya menangkap tangan kawan ini, yang lain menangkap kakinya karena kaget juga dan merasa harus bertindak cepat padahal sedang duduk jadinya ya kaki yang ditangkap.
"Saya sangat menghargai usahamu, Bro. Tapi kamu sendiri yang tak menghargai usahamu. Kamu sudah capek-capek ngumpulin ta'jil, eh datang-datang malah main dilempar-lemparin. Ini kan tidak baik sehingga usahamu yang baik akhirnya tak bisa diterima dengan baik, terutama oleh saya," kata teman yang satunya.
Pusing juga, untung tak lama lagi bedug tanda berbuka sudah ditabu. Setelah kami berbuka, barulah persoalannya dibahas dan diluruskan. Alhamdulillah kedua bela pihak sama-sama sadar.
Buat saya, ini pelajaran yang baik dalam melihat apa pun. Hasil yang baik, jika prosesnya tidak baik maka akan tetap bermasalah. Jadi, agar hasilnya tidak bermasalah, seharusnya prosesnya juga dijaga agar hasilnya bisa terterima dengan baik.